Home » Uncategorized » Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Yang Baik dan Benar

Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Yang Baik dan Benar

Cara mencegah gigi berlubang penting untuk anda ketahui. Gigi berlubang merupakan masalah yang sangat umum kita jumpai pada seseorang atau bahkan anda sendiri pernah mengalaminya. Menurut survey masalah gigi berlubang pada umumnya menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak sehat atau tidak baik untuk kesehatan gigi.

Walaupun sebagian besar penderitanya anak-anak, bukan berarti orang dewasa juga terbebas dari masalah ini, tercatat ada banyak para penderita dewasa yang mengeluh tentang masalah gigi berlubang ini ke dokter. Nah, kali ini admin akan sharing tentang cara mencegah gigi berlubang sebagai referensi dan rujukan yang bisa anda pertimbangkan. Selengkapnya yuk, kita simak penjelasannya dibawah ini :

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Mengurangi Konsumsi Makanan Yang Lengket

Jenis makanan lengket misalnya, daging, biskuit, dan roti, atau jenis makanan lainnya yang berbahan dasar tepung. Biasanya makanan dari tepung akan menjadi lengket bila dimakan, sehingga meninggalkan sisa di sela-sela gigi. Jenis makanan ini sulit untuk dilarutkan oleh air liur sehingga akan bertahan lama dan mengundang bakteri jahat perusak gigi. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu segeralah untuk menggosok gigi sehabis makan makanan yang bersifat lengket diatas.

Mengurangi Makanan Yang Mengandung Gula Berlebih

Gula atau glukosa adalah kandungan yang sangat mudah melekat atau menyelip di sela gigi, hal inilah yang dapat menjadi salah satu pemicu rusaknya gigi. Oleh karena itu cara mencegah gigi berlubang kali ini yaitu, dengan menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung gula, caramel atau glukosa yang berlebihan. Makanan manis ini pada umumnya sangat digemari oleh anak-anak, maka dari itu laranglah anak anda dan keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan, seperti gulali, permen, coklat dan sebagainya. Tips sederhana yang bisa anda lakukan yaitu bisa dengan mengganti permen gulali dengan permen xylitol yang dikenal bagus untuk kesehatan gigi.

Konsultasi Ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Cara mencegah gigi berlubang ini paling disarankan oleh para ahli gigi. Dengan berkonsultasi dan mengecek kesehatan gigi secara rutin paling tidak 6 bulan sekali, anda bisa mendeteksi secara dini kerusakan gigi. Dengan demikian bisa dilakukan pencegahan secepat mungkin agar tidak bertambah parah. Biasanya dokter akan menyarankan solusi pengobatan bila ditemukan gejala atau tanda gigi berlubang.


Menggosok Gigi Secara Teratur

Cara mencegah gigi berlubang yang umum dilakukan yaitu dengan cara menggosok gigi secara rutin dan teratur sesuai jadwal yang telah disarankan oleh dokter gigi. Para ahli gigi menganjurkan untuk menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi hari sehabis sarapan dan saat malam hari sebelum tidur. Rutinitas menggosok gigi ini dapat ditingkatkan bila sehari-harinya anda banyak makan makanan yang berpotensi merusak kesehatan gigi. Cara ini merupakan cara paling mudah yang dianjurkan oleh para ahli gigi manapun.

Biasakan Berkumur Memakai Obat Kumur

Cara mencegah gigi berlubang dengan menggosok gigi secara rutin umumnya diklaim kurang maksimal melindungi gigi dari ancaman kuman. Nah, salah satu solusinya yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap kali sehabis menggosok gigi. Hal ini dipercaya mampu memaksimalkan anda untuk melawan ancaman gigi berlubang.

Demikianlah cara mencegah gigi berlubang yang bisa admin sampaikan kali ini. Kuncinya adalah konsestensi dalam melakukannya. Semoga dapat menjadi referensi dan rujukan buat anda. Semoga bermanfaat!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *