Home » Uncategorized » Tips Budidaya Tanaman Gaharu Yang Baik

Tips Budidaya Tanaman Gaharu Yang Baik

Tips Budidaya Tanaman Gaharu Yang Baik – Gaharu adalah salah satu jenis tanaman yang saat ini namanya tengah naik daun, pasalnya peminat dari tanaman gaharu di pasaran makin hari semakin menunjukan angka progres. Apalagi terlepas dari hal tersebut, tanaman gaharu ini tergolong kedalam jenis tanaman yang cukup mudah dibudidayakan, sebab gaharu dapat tumbuh ditanah dengan jenis apapun.

Tak ada kriteria yang khusus untuk jenis tanah yang dibutuhkan untuk membudidayakan tanaman yang satu ini, asalkan bukan tanah yang terendam air layaknya rawa atau pun tanah berlumpur.

Budidaya tanaman gaharu ini adalah salah satu jenis usaha atau pun bisnis yang cukup menjanjikan, sebab peluang usaha ini masih terbilang terbuka lebar. Tetapi, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan apabila ingin menjalankan usaha budidaya tanaman gaharu ini. Ingin tahu seperti apa? Simak saja dalam ulasan berikut.

Tips membudidayakan tanaman gaharu

Proses pemilihan bibit tanaman gaharu

Untuk dapat melakukan pembudidayaan tanaman gaharu ini, pastinya yang pertama kalinya harus Anda persiapkan adalah bibit yang bagus dari tanaman gaharu tersebut, jika memang Anda ingin mendapatkan hasil pohon gahari yang bagus dan berkualitas.

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman gaharu ini dari petani atau pun dari pihak yang telah menyediakan bibit gaharu tersebut. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika memilih bibit gaharunya, yakni dengan memastikan bibit yang sehat, atau pun tidak terserang hama, serta pilihlah bibit gaharu yang mempunyai diameter 1 cm dengan tinggi 20 hingga 30 cm. Dimana bibit tersebut adalah bibit yang paling ideal untuk bisa dibudidayakan.

Proses persiapan lahan tanaman gaharu

Setelah Anda selesai memilih bibit gaharunya, selanjutnya Anda siapkan lahan untuk menanamnya, yang mana Anda hanya saja perlu memperhitungkan antara jarak tanam dari tiap-tiap pohon gaharunya. Idealnya jarak yang bisa Anda gunakan untuk menanam adalah 3×3 m, dengan perhitungan untuk 1 hektarnya dapat ditanam sekitar 1.111 gaharu.

Proses penanaman gaharu

Untuk proses penanamannya Anda harus mempersiapkan lubang tanamnya, dengan ukuran ideal sekitar 30x30x30 cm, tetapi usahakan untuk membuat lubangnya dapat dlakukan minimal 2 minggu sebelum mulai penanaman.

Itulah cara membudidayakan tanaman gaharu yang dapat kami informasikan untuk Anda, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *