Home » Uncategorized » Strategi Membangun Bisnis yang Nyaris Tanpa Modal

Strategi Membangun Bisnis yang Nyaris Tanpa Modal

Strategi membangun bisnis yang nyaris tanpa modal – Mungkin saja Anda adalah seorang yang memiliki jiwa entrepreneur serta ingin segera memiliki bisnis sendiri. Anda adalah seorang visioner dan memiliki skill untuk wujudkan visi Anda tersebut. Ini menjadikan Anda lebih bersemangat lagi sampai bersedia ambil resiko untuk wujudkan impian jadi seorang entrepreneur, contohnya saja meninggalkan pekerjaan Anda yang saat ini.

Tunggu dulu, jangan buru – buru. Dulu kita juga sudah pernah alami hal tersebut, jadi kami tahu rasanya bagaimana. Dulu kami nekat tinggalkan pekerjaan utama tanpa tabungan yang cukup untuk memulai sebuah bisnis. Penghasilan utama hilang, bisnis pun juga tidak kunjung berhasil. Alhasil kami kekurangan uang untuk jalankan bisnis dan biaya hidup.

Lantas, bagaimana strategi membangun bisnis yang nyaris tanpa modal atau dengan modal pas – pasan? Pertanyaan satu ini paling juga sering terlintas dalam benak Anda, khususnya bagi Anda yang tak memiliki modal cukup. Menurut kami, mungkin sekarang ini tak ada lagi bisnis yang dapat dijalankan tanpa modal sama sekali. Mungkin saja ini benar, sebab sejauh pengalaman kami rata – rata bisnis sekarang butuh modal, meskipun modalnya hanya kecil.

Strategi Membangun Bisnis yang Nyaris Tanpa Modal

Ubah modal bisnis Anda

Opsi pertama adalah ubah modal bisnis Anda, sehingga bisa kurangi kebutuhan. Contohnya saja bila awalnya Anda ingin bangun bisnis yang bergerak dalam bidang media online yang pastinya butuh banyaknya reporter serta penulis, maka proses operasionalnya wajib diubah. Anda dapat memulai sebuah bisnis tersebut dengan jadi satu – satunya penulis di media online yang hendak Anda bangun, sehingga Anda tak perlu lagi keluarkan banyak uang untuk bayar reporter dan juga penulis.

Selain hal tersebut, Anda juga dapat kurangi pengeluaran untuk biaya sewa kantor dengan penggunaan salah satu ruangan di rumah Anda sebagai kantor. Tetapi meskipun demikian, pastinya juga ada biaya – biaya yang tak dapat dihindari, contohnya saja bila bisnis Anda harus mempunyai lisensi atau pun bantuan hukum. Maka Anda harus siapkan dana untuk ini.

Baca juga : Sukses Membangun Toko Online untuk Pemula

Memulai dari yang sederhana 

Opsi yang kedua adalah memulai bisnis dari hal – hal yang sederhana. Alih – alih langsung memulai sebuah bisnis dengan lingkup besar, Anda dapat memulai bisnis dengan hal – hal yang paling sederhana terlebih dulu. Contohnya saja Anda adalah seorang pegawai di perusahaan pialang berjangka dan ingin bangun bisnis sendiri yang masih relevan dengan minat serta profesi Anda sekarang ini. Pastinya ini butuh dana besar dan proses perijinan tak mudah.

Sebagai awal, Anda dapat buat blog atau website dengan niche yang ada kaitannya dengan minat serta profesi Anda, contohnya mengenai belajar trading. Selain semakin mengerti seluk beluk bisnis pialang berjangka, dengan mempunyai blog atau website ini nantinya Anda akan mendapat trust dari para pembaca yang merasa terbantu dengan blog atau website Anda tersebut.

Mengharap sumber daya dari luar

Pilihan yang terakhir adalah mendapat sumber dana dari luar, misalnya saja dengan cara meminjam dari teman maupun keluarga, angel investor, venture capitalists, crowdfunding, dan pinjaman bank sebagai opsi terakhirnya.

Demikian tadi strategi membangun bisnis yang nyaris tanpa modal, yang bisa kami bagikan. Semoga saja informasinya bisa bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *