Home » Uncategorized » Langkah Memilih Usaha Franchise yang Sesuai Passion

Langkah Memilih Usaha Franchise yang Sesuai Passion

Langkah Memilih Usaha Franchise yang Sesuai Passion – Tuhan selalu meniupkan keahlian didalam diri masing – masing orang. Dan keahlian ini yang perlu diasah supaya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan. Apapun keahlian Anda sebenarnya merupakan suatu bekal untuk bisa lebih maju lagi. Dan hampir setiap keahlian juga layak dijadikan bisnis jika Anda mau dan punya tekad akan hal tersebut. Namun disini kami akan berikan pembahasan kepada Anda tentang seperti apa langkah didalam memilih usaha franchise yang sesuai passion Anda.

Bisnis franchise adalah bisnis yang telah berjalan dan cukup teruji, artinya produknya di terima pasar dan ada sebuah sistem operasional yang baku dan dapat mendukung otuput berupa produk atau jasa. jadi sebuah bisnis yang tidak perlu dibangun dari awal lagi. Dan bagi calon mitra franchise, anda hanya melaksanakan sitem bisnisnya saja, tanpa pusing dengan hal-hal teknis awal suatu bisnis, seperti: konsep bisnis, riset pasar, kualitas produk, rantai pasokan bahan baku, promosi dan lain sebagainya.

Beberapa jenis franchise yang cukup diminati antara lain: Model cafe, retail, cemilan, minuman ringan, restoran, salon, laundry, apotik, jasa, dan lain sebaginya. Nah, supaya anda tidak pusing, ambilah bisnis franchise yang sesuai dengan minat dan passion anda.

Misalnya, anda menyukai masak-memasak atau makanan, maka pilihlah franchise dengan produk makanan, misalnya saja Franchise banana chic. Jangan pilih bisnis di bidang lainnya, seperti jasa ekspedisi, karena bidang itu jauh dari minat anda. Mengapa? karena dengan memilih franchise yang sesuai dengan minat dan keinginan anda, maka anda akan total dan fokus menjalankan bisnis franchise tersebut. Jika anda fokus dan total mengoperasikan bisnis franchise tersebut, maka tingkat kesuksesan anda di bisnis franchise itu lebih besar jika dibandingkan anda memilih franchise yang sebenarnya kurang anda minati.

Langkah Memilih Usaha Franchise yang Sesuai Passion

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis franchise, memang perlu memilih bisnis franchise yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Beberapa langkah dalam memilihnya yang perlu Anda perhatikan diantaranya :

Pilih franchise dengan jumlah modal sesuai kemampuan

Dalam menjalankan bisnis franchise memang ada banyak skala jenis modal yang tersedia. Kekuatan modal anda adalah hal yang sangat penting untuk anda pertimbangkan, agar dengan jumlah modal yang anda miliki, anda segera dapat mengoperasikan bisnis franchises tersebut.

Ada yang skalanya mulai dari 1 juta bahkan sampai 10 juta. Sebagai pilihan bisnis pertama Anda ada baiknya untuk menyesuaikan dengan modal Anda sendiri. Ada paket penawaran frenchise yang diatas kemapuan modal anda, mau tidak mau anda harus bersabar, bangun kapital lebih banyak.

Hindari memulai usaha franchise dengan hutang ke pihak lain seperti Bank, karena ada beban modal hutang dan bunga yang harus anda bayar, sedangkan usaha baru saja mulai merangkak. Terkecuali nanti jika bisnis franchise yang anda beli tersebut sudah berjalan bagus dan mulai berkembang, bolehlah anda melirik pihak lain untuk mendukung permodalan anda. Dan anda juga perlu perhitungkan soal kemampuan dan skill Anda dalam bisnis yang anda pilih dengan modal tersebut.

Anda punya produk atau jasa yang ingin di franchisekan, baca : Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri

Pilih franchise dengan nama terkenal, besaran fee dan aturan main

Ada banyak jenis bisnis franchise yang tersedia dan ada beberapa jenis franchise yang telah terkenal. Karena itu akan jauh lebih baik jika Anda memilih franchise yang telah terkenal karena dengan demikian brand yang melekat ini akan membantu Anda untuk lebih mudah promosi ke khalayak ramai serta tentu saja mudah untuk diterima masyarakat luas.

Pelajari juga kekuatan brand franchise tersebut, sistem pembagian fee-nya, dan keseluruhan sistem bisnis franchise tersebut. Pelajari dengan detail, supaya anda tidak rugi dan menyesal di kemudian hari. Saat ini, banyak sekali penawaran bisnis franchise, baik domestik maupun yang berasal dari luar negeri (asing), dan masing-masing brand memiliki Sistem Operating Prosedure (SOP) yang berbeda-beda.

Umumnya, semakin terkanal atau kuat brand-nya, maka Sistem Operating Prosedure nya juga semakin ketat. Tujuang pemilik franchise adalah menjaga brand tersebut tetap stabil dan berusaha menempati posisi tertinggi pada produk sejenis. Sebagai pertimbangan, jika aturan dan sistem bisnis franchise tersebut semakin ketat, maka lebih layaklah anda memilih franchise yang demikian, karena mereka berusaha keras menjaga kualitas produk dan sistem bisnisnya, dan tidak sembarangan dalam menjalankan bisnis franchisenya.

Selain memperhatikan sistem franchise, hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai Fee. Karena franchisor memiliki aturan masing-masing mengenai besaran free. Pelajari dengan teliti mengenai pembagian feee, sehingga anda tidak menyesal di kemudian hari. Perlu diperahtikan aturan franchisor jika suatu hari mereka mengubah kebijakan besaran fee (yang telah dievaluasi), yang pasti juga anda mengalami dampaknya.

Dengan demikian, sebelum anda memilih atau membeli franchise, pelajari dan teliti dengan seksama semua aturan mainnya, sehingga anda benar-benar memilih franchise yang cocok dengan kemampuan dan karakter anda

Lakukan survei pasar 

Hal lain yang juga tidak kalah penting ketika Anda akan memilih bisnis yang sesuai adalah dapat Anda lakukan dengan menilai pasar yang akan Anda tuju. Jadi sebelum memilih bisnis franchise ada baiknya Anda saksikan minat masyarakat terhadap produk yang akan Anda jual tersebut.

Survey pasar dapat dilakukan dengan melauikan wawancara langsung dengan masyarakat. Selain itu, amati juga trend produk yang sednag dicari atau diminati pasar. Perhatikan tingkat persaingan pasar, produk yang selalu berinoivasi dan unik lebih mudah memasuki pasar yang dipenuhi pesaing. Selain itu, anda juga dapat melaukan ujicoba pasar, misalnya saja menitipkan produk anda di toko atau warung, untuk mengetahui respon pasar.

Menentukan lokasi bisnis franchise yang strategis

Lokasi untuk usaha franchise sangat menentukan kesuksesan bisnis franchise yang akan dibeli. Hal ini harus dipikirkan dengan sebaoik-baiknya, jangan terburu-buru memilih tempat usaha. Dalam memilih tempat usaha, hal-hal yang harus di pertimbangkan adalah:

  • Jenis usaha ; Misalnya Franchise dengan konsep cafe, bisa dekat kawasan perkuliahan atau perkantoran, atau di persimpangan jalan utama
  • Target market : Siapa yang menjadi calon konsumen anda
  • Potensi bisnis diarea sekitar  ; seberapa banyak? kekuatan ekonomi ?dll

Jadi, carilah lokasi usaha yang yang sesuai dengan target pasar untuk produk/ jasa anda. Jika dana belum mencukupi untuk membeli tempat usaha, anda dapat menyewanya terlebih dahulu, misalnya kontrak sewa selama 2 tahun. Kalau bisnisnya sudah jalan, baru pikirkan membeli tempat usaha.

Demikian sedikit tips, trik dan langkah yang dapat Anda coba terapkan sebelum benar – benar memilih bisnis franchise. Semoga informasi diatas mengenai Langkah Memilih Usaha Franchise yang Sesuai Passion bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *