Home » Uncategorized » Danau Toba, Objek Wisata Populer di Sumatera Utara

Danau Toba, Objek Wisata Populer di Sumatera Utara

Danau toba yang ada di Sumatera Utara ini adalah salah satu danau vulkanik terindah yang telah dimiliki oleh Indonesia. Dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi, danau toba ini tampak seperti sebuah lautan yang ada di ketinggian sekitar 900 meter dari atas permukaan laut. Selain disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, ternyata danau ini juga menjadi danau terdalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Wisata Danau Toba || via: Kompas.Com

Selain hal tersebut, di tengah danau toba ini Anda akan dapat menemukan sebuah pulau yang bernama pulau samosir, yang mana pulau ini juga memiliki dua buah danau kecil, yakni danau Aek Natonang dan juga danau Sidihoni. Pulau samosir ini mempunyai luas hampir sama dengan luas negara Singapura.

Apa yang menarik dari objek wisata danau toba?

Hal menarik di objek wisata danau toba ini adalah adanya boneka sigale-gale yang menjadi salah satu ciri khas dari tempat wisata tersebut. Boneka kayu dengan ketinggian sekitar 1,5 meter lengkap dengan pakaian adat batak ini bisa menari tor-tor bersama dengan para wisatawan. Pertunjukan tari sigale-gale ini bisa Anda saksikan di beberapa tempat wisata yang ada di danau toba, seperti halnya pada museum huta bolon dan juga beberapa museum lainnya.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di tempat ini, adalah festival danau toba. Fastival ini adalah sebuah acara rutin tahunan hasil kerjasama pemerintah daerah Sumatera Utara dengan kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. Yang mana acara tersebut digelar antara bulan Agustus hingga September.

Indahnya alam di Danau Toba, menarik awisatawan || via : sindonews.com

Di dalam festival ini, telah diadakan berbagai macam pertunjukan seni budaya dan lomba bagi warga mulai dari pertunjukan tari hingga dengan lomba perahu hias. Anda juga dapat menemukan bergaam kuliner yang enak dan lezat, serta berburu kain ulos yang cantik ketika acara berlangsung.

Itulah tadi seputar objek wisata danau toba di Sumatera Utara yang bisa kami infokan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat.

image Source: 

  • _https://regional.kompas.com/read/2018/12/14/07420081/danau-toba-bukan-hanya-sigale-gale
  • -https://daerah.sindonews.com/read/1319277/29/sejarah-terbentuknya-danau-toba-dan-pulau-pulaunya-1530806611

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *