Home » Uncategorized » Cara Mudah Budidaya Tanaman Kedelai

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kedelai

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kedelai – Budidaya tanaman kedelai saat ini memang sangat jarang sekali mendapat perhatian yang terlalu sering. Tetapi, juga tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya tanaman kedelai adalah salah satu dari jenis bahan pokok yang seringkali kita konsumsi.

Dimana olahan kedelai saat ini bisa sering kita temui pada berbagai macam olahan makanan, seperti tahu, tempe, sari kedelai, dan sebagainya. Untuk membudidayakan tanaman kedelai ini sebenarnya membutuhkan perhatian lebih khusus, mulai dari pemilihan lahan yang dipergunakan, bibit dari kedelainya, hingga pada proses perawatan tanaman kedelai tersebut.

Nah, untuk itulah pada kesempatan ini kami mencoba untuk memberikan informasi mengena cara untuk membudidayakan tanaman kedelai tersebut untuk Anda. Ingin tahu seperti apa? Silakan Anda simak rangkumannya di bawah ini.

Cara budidaya tanaman kedelai

Pengolahan lahan atau tanah untuk media tanam

Untuk mengolahan tanah atau pun lahan sebagai mdia tanam ini adalah elemen yang paling penting, sebab kedelai harus dapat berkecambah dengan sangat baik dan sempurna, supaya bisa berkembang lebih maksimal. Selain itu, benih dari kedelai juga memerlukan kelembaban dan oksigen yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik.

Kondisi tanah yang dapat Anda gunakan untuk membudidayakan kedelai ini adalah tanah tegalan, tanah bekas persawahan, dan permukaan lerang.

Lakukan proses pembibitan kedelai yang benar

Benih kedelai yang akan digunakan untuk membudidayakan kedelai ini adalah benih yang sudah cukup tua, masih utuh, dan mempunyai warna mengkilap. Yang mana untuk mendapakan hasil maksimal, Anda bisa gunakan bibit yang memiliki kualitas baik pula.

Proses penanaman bibit kedelai

Untuk menanam bibit kedelainya, hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan membuat lubang untuk tanaman kedelai, dengan kedalaman sekitar 3 hingga 4 cm. Sedangkan untuk jaraknya bisa Anda sesuaikan dengan kesuburan dan ketersediaan air ditanah.

Selanjutnya Anda bisa lanjutkan dengan proses penanaman kedelainya, caranya cukup Anda tebarkan atau pun Anda juga bisa lakukan dengan cara ditugal.

Itulah yang dapat kami informasikan untuk Anda mengenai cara membudidayakan tanaman kedelai, semoga bisa bermanfaat dan juga dapat menginspirasi Anda semuanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *