Home » Uncategorized » Cara Mudah Budidaya Tanaman Kakao

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kakao

Cara Mudah Budidaya Tanaman Kakao – Kakao adalah salah satu jenis tanaman dari perkebunan yang memiliki prospek sangat menjanjikan. Namun, apabila faktor tanah yang makin keras dan juga miskin dengan unsur hara, terutama pada unsur hara mikro dan juga hormon alami, bahkan dengan cuaca, faktor iklim, faktor, hama, serta penyakit tanaman. Dan bukan itu saja apabila faktor pemeliharaannya juga tidak diperhatikan secara khusus, maka tingkat produksi dan juga kualitas dari tanaman kakao tersebut akan sangat rendah.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi informasi sebuah cara yang mudah untuk membudidayakan tanaman kakao ini, supaya mampu meningkatkan juga produktifitasnya supaya bisa bersaing di era globaliasai dengan program meningkatkan produksi secara kuantintas dan kualitas. Penasaran seperti apa caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara budidaya tanaman kakao 

 

Cara untuk menanam atau pun membudidayakan kakao ini yang pertama adalah dengan memilih benih kakao yang dapat Anda amil dari buah bagian tengahnya yang sudah masak dan sehat, dari tanaman kakao yang sudah cukup umur.

Setelah itu Anda harus bersihkan benihnya terlebih dahulu dari daging buahnya menggunakan abu gosok, karena bji kakao tidak memiliki masa istirahat, maka biji kakao ini harus segera dikecambahkan.

Lakukan pengecambahan dengan menggunakan karung goni dalam ruangan, dan lakukan sekiranya 3 kali sehari proses penyiraman. Kemudian siapkan juga polybag sebagai tempat pembibitan. Campurkan dengan tanah dan pupuk kandang dengan ukuran 1 : 1, lalu masukan kedalam polybag.

Sebelum Anda mulai masukan kecambahnya, silakan tambahkan 1 gram pupuk TSP kedalam tiap polybag. Benih bisa dgunakan untuk pembibitan apabila sudah berumur 2 hingga 3 hari setelah berkecambah lebih dari 50 %.

Pastikan juga jarak antara polybag sekitar 20 x 20 cm dengan lebar barisan sekitar 100 cm. Untuk tingginya, silakan Anda sesuaikan dengan kebutuhan, sheingga sinar matahari juga bisa masuk tidak terlalu banyak.

Lakukan proses penyiraman setiap 1 hingga 2 kali perharinya. Selain hal tersebut, silakan penyiangan gulma untuk melihat keadaan areal pembibitan.

Itulah beberapa ulasan yang dapat kami informasikan tentang cara budidaya tanaman kakao, semoga bisa menginspirasi Anda semuanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *