Home » Uncategorized » Cara Membudidayakan Tanaman Melon Di Dalam Pot

Cara Membudidayakan Tanaman Melon Di Dalam Pot

Cara Membudidayakan Tanaman Melon Di Dalam Pot – Buah melon merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh semusim, yang termasuk kedalam family cucurbiataceae. Dimana buah melon di Indonesia ini mempunyai nilai atau pun harga yang cukup tinggi. Sehingga sekarang ini cukup banyak sekali paa petani yang mulai beralih untuk membudidayakannya.

Tetapi, dengan semakin sempitnya lahan tanam, terkadang membuat para petani buah melon kesulitan untuk mengembangkan jenis melon ini, sehingga diperlukan cara yang tepat untuk membudidayakannya, salah satunya adalah dengan menanam tanaman buah melon di dalam pot.

Bagaimana, Anda tertarik dengan cara pembudidayaan tanaman didalam pot pada buah melon ini? Jika iya, ini dia ulasan selengkapnya tentang pembudidayaan melon yang wajib Anda simak.

Cara budidaya tanaman melon di dalam pot

Mempersiapkan bibit tanaman buah melon

Untuk bisa memperoleh benih atau pun bibit buah melon yang berkualitas baik, sekarang ini ada banyak sekali yang sudah menjualnya seperti halnya benih atau bibit melon yang rentan terhadap hama penyakit.

Tetapi, sebelum Anda mulai menanam benih melonnya, ada baiknya terlebih dahulu untuk merendam benih melonnya dengan air yang sudah dicampur dengan fungsida selama 12 jam, lalu tiriskan diruangan yang gelap.

Persiapkan media tanam

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka diperlukan perhatian selanjutnya adalah pada media tanamnya. Dimana idealnya media tanam ini menggunakan 3 campuran bahan, yakni pupuk kandang, tanah, dan sekam, dengan perbandingan sekitar 2:1:3. Setelah itu barulah Anda masukan campuran tersebut kedalam pot.

Proses penanaman buah melon

Dalam proses penanaman bibit buah melon ini, sekiranya sudah berumur sekitar 12 hingga 14 hari, setelah proses penyemaian atau pun tanaman sudah berdaun. Sebelum proses penanaman dilakukan, ada baiknya media tanamnya disiram terlebih dahulu, dan penanamannya dilakukan pada saat sore hari. Hal ini bertujuan untuk meminimkan tingkat kematian tanamannya.

Demikian yang dapat kami informasikan seputar cara membudidayakan tanaman buah melon dalam pot, semoga dapat menginspirasi para pembacanya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *