Home » Uncategorized » Cara Membudidayakan Tanaman Lada

Cara Membudidayakan Tanaman Lada

Cara Membudidayakan Tanaman Lada – Lada atau pun merica ini adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang dapat tumbuh subur di Indonesia. Dimana lada ini sangat populer di seluruh penjuru dunia, sebab memang sangat dibutuhkan, utamanya sebagai bumbu masakan.Oleh karena itu harganya lumayan mahal.

Hampir semua jenis masakan akan selalu menggunakan lada sebagai salah satu bahan penyedap rasa alami. Lada yang terbagi menjadi 3 macam yakni lada hitam, lada putih, dan juga lada hijau ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai lebih dari 2 m.

Terlepas dari hal tersebut saat ini komoditas dari tanaman lada terbilang sangat bagus, ada banyak orang yang mulai tertarik untuk melakukan budidaya tanaman yang satu ini, sebab hasil yang bisa didapatkan terbilang banyak.

Bagaimana, apakah Anda juga tertarik untuk membudidayakan tanaman lada tersebut? Jika iya, simak beberapa hal dan cara untuk membudidayakannya di lada tersebut.

Cara budidaya tanaman lada

Siapkan media tanam

Media tanam ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat membudidayakan tanaman lada, dimana idealnya media tanam ini menggunakan tanah yang gembur, subur, dan banyak mengandung unsur hara. Selain itu, tanah yang dipergunakan untuk membudidayakan tanaman lada ini, ada baiknya tidak terlalu kering, serta juga tidak tergenang air.

Pemilihan bibit lada

Dalam proses pemilihan bibit lada atau pun merica ini, ada baiknya jika Anda ambil dari indukan yang sehat pula. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan juga hasil yang didapat. Bibit dari tanaman lada ini, sebaiknya Anda ambil dari indukan yang sudah berumur setidaknya sekitar 10 bulan hingga 3 tahun.

Proses penanaman bibit lada

Penanaman ini dapat Anda lakukan setelah tanah diolah, dimana pengolahan tanah ini meliputi penggemburan dengan cara dicangkul sedalam 20 hingga 35 cm. Kemudian setelah dicangkul Anda dapat taburkan kapur untuk mendapat tingkat keasaman yang sesuai, lalu Anda bisa diamkan selama 3 minggu.

Penanaman lada ini dapat Anda lakukan dengan jarak tanam sekitar 2×2 m, dengan kedalaman sekitar 50 cm, dan dapat Anda tanam saat musim hujan.

Sekian dari ulasan yang penulis informasikan untuk Anda semuanya tentang cara membudidayakan tanaman lada, tanaman yang kalau di tekuni, dapat menjadi sebuah peluang bisnis, semoga dapat menginspirasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *