Home » Uncategorized » Cara Membudidayakan Tanaman Cabe Merah

Cara Membudidayakan Tanaman Cabe Merah

Cara Membudidayakan Tanaman Cabe Merah – Cabe merah adalah salah satu jenis komoditas pertanian yang paling atraktif. Pada saat tertentu harga dari cabe merah ini dapat naik hingga berlipat-lipat. Tetapi, pada momen yang lain juga dapat turun hingga tidak berharga.

Hal yang seperti inilah membuat budidaya tanaman menjadi tantangan tersendiri buat para petani. Untuk itulah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk memaparkan beberapa langkah yang harus dipersiapkan untuk bisa membudidayakan cabe merah tersebut.

Kondisi iklim yang ada di Indonesia cocok sekali untuk membudidayakan cabe merah, yang mana matahari bersinar penuh, sehingga menjadikan tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat baik.

Bagaimana, Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman cabe merah tersebut? Jika iya, mari simak beberapa cara pembudidayaannya berikut ini.

Cara budidaya tanaman cabe merah

Pemilihan benih cabe merah

Untuk memilih jenis benih cabe merah mana yang bagus dibudidayakan, sebaiknya Anda pilih varietas yang paling pas dengan lokasi atau tempat budidaya cabe merah masing-masing. Benih yang akan digunakan untuk budidaya ini bisa Anda dapatkan dengan 2 cara, yakni membelinya di toko benih atau Anda bisa membenihkannya sendiri.

Apabila Anda ingin mendapatkan benih cabe yang dibeli di toko, pastikan Anda membelinya dari industri benih terpercaya, yang sudah menerapkan teknoloi pemuliaan modern. Sedangkan untuk benih cabe yang dibuat sendiri, untuk mendapatkan kualitas benih yang bagus, silakan Anda lakukan proses penyeleksian terlebih dahulu.

Lakukan proses penyemaian dan juga pembibitan

Untuk metode yang satu ini sebaiknya menggunakan polybag, baik dari plastik atau pun dedaunan. Mengapa? Sebab benih cabe merah apabila disemai dengan cara ditabur,dikhawatirkan akan ada banyak sekali biji yang tumbuh berhimpitan, sehingga tidak semua tanaman dapat dimanfaatkan.

Siapkan campuran tanah, arang sekam, dan juga kompos dengan perbandingan antara 2:1:1. Kemudian Anda bisa susun polybag yang sudah diisi dengan meda semai, dan rendamlah biji cabenya menggunakan air hangat selama 3 jam. Masukan biji cabe kedalam polybag dengan kedalaman 0.5 cm, lalu basahi sedikit saja media tanam dengan air biasa supaya kelembabannya terjaga.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan untuk Anda, mengenai cara membudidayakan tanaman cabe merah, semoga bisa menginspirasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *