Home » Uncategorized » Cara Budidaya Tanaman Cengkeh

Cara Budidaya Tanaman Cengkeh

Cara Budidaya Tanaman Cengkeh – Cengkeh adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Indonesia yang mempunyai bentuk yang sangat mungil dan unik. Tetapi siapa sangka jika cengkeh yang merupakan tanaman dengan bentuk mungil dan memiliki batang pohon yang cukup besar serta berkayu keras ini memiliki banyak sekali manfaatnya, bahkan juga bisa hidup hingga ratusan tahun lamanya dengan ketinggian sekitar 30 hingga 40 meter.

Ada banyak orang yang berlajar cara menanam atau pun membudidayakan cengkeh tersebut, sebab cengkeh juga bisa dijadikan sebaga sumber penghasilkan yang cukup memuaskan.karena kegunaan dari tanaman ini sangat banyak, seperti halnya sebagai bumbu masak atau pun sebagai pengobatan tradisional.

Bahkan daun cengkehnya tersebut juga bisa dijadikan sebagai obat untuk berbagai macam jenis penyakit. Salah satu contohnya adalah untuk menghilangkan bau mulut.

Lalu, seperti apa cara pembudidayaan tanaman cengkeh tersebut?

Untuk proses pembudidayaan atau pun penanaman cengkeh ini diperlukan tanah yang sudah gembur, dan juga terbebas dari rumput yang tumbuh dengan liar disekitar tempat yang akan dijadikan sebagai media tanamnya.

Selain hal tersebut, dalam menanam cengkeh ini juga dibutuhkan sebuah lubang untuk menanam cengkeh, lalu sediakan juga tempat untuk menyimpan bibit cengkehnya yang bisa Anda letakkan tidak jauh dari tanaman cengkeh tersebut.

Hal ini berguna supaya penanaman bibit cengkeh bisa dilakukan dengan jarak waktu yang lumayan lama, sebelum bibit mulai ditanam pada lahan yang sudah disediakan.

Selain hal tersebut, lakukan juga perawatan cengkehnya, yang mana sebaiknya bibit cengkeh yang sudah dipersiapkan pada bulan berikutnya ada baiknya ditutup. Hal ini wajib dilakukan supaya tanah dan juga lahan yang sudah dilubangi tersebut bisa terkena cahaya matahari.

Apabila pada lahannya sudah mulai terlihat akar kayu, maka ada baiknya lahan tersebut dibersihkan kembali, supaya tidak menghambat pertumbuhan bibit cengkehnya.

Jika ketika dilakukan penutupan bibit cengkehnya, maka sebaiknya sebelum ditutup, bibit cengkehnya tersebut ditaburi pupuk terlebih dahulu. Hal ini berguna supaya bibit cengkeh bisa tumbuh secara signifikan.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis informasikan untuk Anda semua tentang cara budidaya tanaman cengkeh semoga dapat bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *