Home » Uncategorized » Cara Budidaya Cabe Rawit Merah Dalam Pot

Cara Budidaya Cabe Rawit Merah Dalam Pot

Cara Budidaya Cabe Rawit Merah Dalam Pot – Siapa sih yang tidak mengenal cabe rawit? Cabe yang berukuran kecil tetapi rasa pedasnya membuat panas di lidah. Dapat di pastikan seluruh masyarakat indonesia mengenal cabe yang satu ini. ciri khas dari cabe rawit ini bentuknya yang relatif kecil berwarna merah tapi mempunyai rasa yang luar biasa.

Semakin mahal harga cabe semakin berharga untuk di dapatkan. Oleh karena itu banyak petani yang usaha menanam cabe rawit merah ini. jika anda juga ingin menanam cabe rawit merah di lahan yang anda miliki ataupun juga bisa di tanam dalam pot di rumah anda, simaklah selanjutnya di bawah ini.

Cara menanam cabe rawit merah:

Pemilihan

Sebelum anda melakukan menanam cabe rawit merah, anda harus memilih cabe rawit yang berkualitas bagus, tidah terkena hama dan penyakit. Setelah itu sayatlah cabe rawit merah untuk mengeluarkan bijinya, lalu jemur biji selama 3 hari dengan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Persemaian

Pada proses persemaian pada cabe rawit merah diawali dengan rendamlah biji cabe rawit merah dengan air hangat selama setengah jam. Kemudian rendam ke dalam larutan perangsang akar selama sehari semalam. Jika ada biji yang mengapung segera buang, karena tidak akan dapat tumbuh secara optimal. Dan ambil lah biji yang tidak mengapung selama semalam itu, lalu siapkan media persemaian dengan campuran pasir dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1 dan juga di siram dengancairan perangsang akar. Cara menanam biji di dalam pot media tanam yang sudah anda siapkan itu dengan cara satu persatu dan berilah jarak pada setiap biji.

Penanaman

Sebelum melakukan penanaman pada cabe rawit merah, siapkan lah media tanam dengan campuran tanah gembur, pupuk kandang, dan di tambah kompos dengan perbandingan 1:1:1 yang kemudian di masukkan ke dalam pot sebagai media tanam. Sebaiknya anda menyiapkan media tanam ini 14 hari sebelum penanaman.

Setelah media tanam sudah di persiapkan, tanam lah semai dari bibit cabe rawit merah yang sudah memiliki ciri- ciri mempunyai daun minimal 4 helai sempurna. Cabutlah bibit dengan hati- hati agar akar bibit tidak rusak, tanamkan lah bibit pada media tanam yang sudah di siapkan dan padatkan tanah di sekitar bibit agat tidak mudah roboh.

Nah itulah cara budidaya cabe rawit merah dalam pot, Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *