Home » Otomotif » Beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak akhir-akhir ini tidak harus menunda rencana anda untuk membeli kendaraan, khusunya mobil. Untuk membeli mobil, tidak perlu beli yang baru, mobil seken /bekas pun dapat menjadi solusi transportasi sekaligus memenuhi selera gaya. Dan harga mobil seken terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan harga mobil yang baru buka bungkus.

Sebelum anda menjatuhkan pilihan pada mobil mana yang akan dibeli, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil, antara lain:

  1. Perhitungkan jumlah dana yang dimiliki. Karena hal ini nanti akan mempengaruhi umur mobil dan jenis mobil. Jika uang ditangan anda belum mencukupi untuk membawa mobil yang anda idam-idamkan, mungkin anda dapat memakai jasa perusahaan pembiayaan yang dapat memberikan kredit. Sebisa mungkin, cicilannya jangan lebih dari 20% income bulanan anda karena anda juga perlu dana cadangan untuk biaya perawatan dan biaya BBM setiap bulannya.
  2. Pilihlah mobil berdasarkan kebutuhan. Kadang kita menyukai jenis mobil tertentu. Dalam kondisi dana yang pas-pasan, pertimbangan rasional harus didahulukan daripada keinginan emosi semata. Pilihlah mobil yang anda butuhkan. Misalnya, jika rencana ada membeli mobil untuk keperluan pengembangan usaha atau bisnis, misalnya antar jemput karyawan atau anak sekolah, pilihlah mobil yang dapat membawa banyak penumpang seperti van atau minibus. Satu hal yang penting, mobil yang anda pilih harus hemat BBM.
  3. Periksa kondisi mobil dengan teliti. Dan pastikan, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Bila anda kurang memahami seluk beluk mesin dan hal seputar mobil, ajaklah teman atau saudara yang mengerti tentang mesin dan mobil. Bila perlu, ajaklah orang bengkel yang ada percayai untuk memberikan review-nya mengenai mobil tersebut, tentunya dengan memberikan sedikit komisi atas jerih lelahnya.
  4. Dan jika dapat, coba minta izin kepada si penjual untuk melakukan test drive. Saat melakukan test drive, periksa juga sistem keamanan mobil, indikator, rem, suspensi, bunyi-bunyian di dalam mobil dan “rasa” daripada mesin mobil apakah masih mantap atau sudah kurang greget.

Demikian beberapa informasi yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli mobil, baik yang baru atau yang bekas.

Selamat berkendara dan hati-hati senantiasa.

Sumber referensi: Artikel yang ditulis AYA pada koran Kompas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *